panca kirana
 
Picture
Wakil Indonesia di Final Piala Dunia 2010. Lolosnya Belanda ke final Piala Dunia 2010, tidak hanya menjadi kegembiraan bagi warga Belanda. Indonesia secara tidak langsung juga merasakan kebanggaan atas lolosnya Tim Oranje ke Final Piala Dunia 2010.

Apa penyebab hal itu? Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika timnas Belanda beberapa kali diisi oleh pemain berdarah Indonesia (Ambon). Mulai dari Simon Tahamata, mantan pemain timnas Belanda dengan 22 caps yang kelahiran Maluku, sampai Giovanni van Bronckhorst di Piala Dunia 2010. Apalagi mereka adalah pilar-pilar utama di Tim Oranje, lihat saja kapten Belanda di Piala Dunia 2010, Giovanni van Bronckhorst.

"Aku lahir di Rotterdam. Namaku terkadang bikin orang bingung, tapi tak ada darah Italia dalam keluargaku. Ayahku dari Indonesia sementara ibuku orang Maluku," tulis van Bronckhorst dalam situs resminya.

Selain van Bronckhorst, masih ada lagi pemain keturunan Indonesia di timnas Belanda saat ini, seperti John Heitinga, Robin Van Persie, Demy De Zeeuw dan Nigel de Jong. Van Persie yang jadi andalan lini depan Belanda di Afsel dan punya 49 caps untuk timnas, konon memiliki darah Indonesia dari sang nenek, sementara De Jong disebut-sebut keturunan Belanda, Maluku dan Suriname.

Hal ini diyakini pula oleh masyarakat Maluku. Tak ayal mereka gembira benar dengan kesuksesan Belanda, yang diperkuat beberapa pemain dengan "kedekatan" khusus, lolos ke final Piala Dunia 2010.

 


Comments




Leave a Reply


panca kirana