panca kirana
 
Picture
Latar Belakang

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44/1984 tentang Hari Anak Nasional, telah ditetapkan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Peringatan HAN diselenggarakan setiap tahun sejak 1986 sampai sekarang.

HAN diperingati mulai di tingkat Pusat, Daerah dan Perwakilan RI di Luar Negeri. Pelaksanaan HAN dikoordinasikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) yang setiap tahunnya akan menunjuk 1 Departemen/Kementerian teknis secara bergantian sebagai Penyelenggara Hari Anak Nasional.

Untuk penyelenggaraan peringatan HAN tahun 2010, Kementerian Pendidikan Nasional Repubik Indonesia telah ditunjuk sebagai Koordinator Penyelenggaraan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2010 sesuai dengan Surat Nomor: B.22/MENKO/KESRA/II/2009 tanggal 2 Februari 2009 tentang Penunjukan Penyelenggara Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2010.

Arti Strategis Peringatan HAN

Peringatan HAN pada hakekatnya merupakan momentum yang penting untuk menggugah kepedulian maupun partisipasi seluruh Rakyat Indonesia dalam menghormati dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, memberikan yang terbaik bagi anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup dan perkembangan anak serta menghargai pendapat anak.
 
Tujuan Peringatan Hari Anak Nasional
Pertimbangan peringatan HAN diselenggarakan setiap tahun adalah untuk:


  1. meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta bersama dengan Pemerintah dalam menyelenggarakan upaya pembinaan dan pengembangan anak secara holistik-integratif dan berkesinambungan. Upaya tersebut ditujukan untuk memenuhi hak-hak anak, mewujudkan tingkat kesejahteraan anak, dan memberikan perlindungan yang setinggi-tingginya bagi anak sebagai generasi penerus cita-cita bangsa. 
  2. meningkatkan kesadaran pemerintah, masyarakat, orang tua dan segenap komponen bangsa untuk memenuhi hak-hak anak berdasarkan Child Rights, dan menghindarkan anak-anak dari: abuse (penyalahgunaan, perlakuan kejam, penyiksaan), neglect (melalaikan), eksploitasi, kekerasan terhadap anak, diskriminasi, drugs (pemakaian obat-obatan terlarang), pornografi, dll.
  3. menunjukkan kepada seluruh rakyat Indonesia dan dunia internasional (minimal pada tingkat Asia Pasifik) bahwa kita mendukung hak-hak anak dan melakukan upaya kesejahteraan anak.
Tujuan Peringatan HAN Tahun 2010

Tujuan umum diselenggarakannya peringatan HAN 2010 adalah untuk meningkatkan komitmen semua pihak dan menyebarluaskan informasi tentang pentingnya hak-hak anak utamanya hak untuk memperoleh pendidikan, pengasuhan, perlindungan, perawatan kesehatan dan gizi bagi anak kepada para pengambil kebijakan, orang tua dan masyarakat umum.

Tema HAN 2010

Tema sentral yang diusung dalam Peringatan HAN 2010 adalah "ANAK INDONESIA BELAJAR UNTUK MASA DEPAN". Dengan Sub Tema: "KAMI ANAK INDONESIA, JUJUR, BERAKHLAK MULIA, SEHAT, CERDAS DAN BERPRESTASI".

Melalui tema ini diharapkan seluruh komponen bangsa terinspirasi untuk terus meningkatkan perhatian terhadap pentingnya mempersiapkan anak-anak Indonesia menjadi generasi unggul yang memiliki karakter jujur, berakhlak mulia, sekaligus sehat, cerdas dan berprestasi.


Pelaksanaan Peringatan HAN 2010

Rangkaian pelaksanaan HAN 2010 akan dilakukan selama bulan Juni dan Juli oleh segenap komponen bangsa (Kementerian, Lembaga Pemerintah, swasta dan masyarakat) baik di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan Perwakilan RI di Luar Negeri.

Acara puncak dan pembukaan Hari Anak Nasional 2010 jatuh pada tanggal 23 Juli 2010, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah. Bapak Presiden Republik Indonesia dan Ibu Negara serta Para Menteri berkenan hadir pada acara ini. Pada kesempatan ini Bapak Presiden akan memberikan pesan kepada Anak-anak Indonesia, sekaligus melakukan Pencanangan Gerakan Nasional "INDONESIA SAYANG ANAK", penandatanganan Prasasti dan dialog Presiden dengan anak-anak. Ini menegaskan bahwa Pemerintah memberikan perhatian lebih kepada Anak-anak.

Rangkaian kegiatan HAN 2010 yang dilakukan oleh masing-masing Kementerian dan Lembaga di pusat, daerah dan luar negeri sangat beragam, antara lain: Ajang Prestasi Anak-anak di Kementerian Pendidikan Nasional pada tanggal 19-21 Juli 2010, pemberian penghargaan (penghargaan kepada Kepala Daerah, Lembaga dan mitra PAUD, Pemimpin Pemuda), Karya Bhakti Sosial (kegiatan/aksi damai di Bundaran HI Jakarta yang melibatkan anak-anak, kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Anak dan Institusi sosial anak lainnya, pemberian bantuan paket sekolah), kunjungan anak-anak ke Media TV, publikasi (peliputan dan konferensi pers, talk show, pemasangan alat-alat publikasi massa), ajang partisipasi anak (perlombaan, festival, panggung anak-anak, pertunjukan apresiasi seni anak, deklarasi anak Indonesia, usulan rekor MURI), pameran kreatifitas anak, Konggres Anak di Bangka Belitung, seminar, semiloka, Rakor, Munas, dan berbagai rangkaian kegiatan lain yang dilaksanakan Lintas Instansi, Kementerian, Lembaga, NGO dan swasta. Kegiatan HAN 2010 di Kementerian Kesehatan RI telah dilaksanakan pada 13-15 Juli 2010 berupa kegiatan SDIDTK melalui Deteksi Dini (skrining) bagi anak-anak balita dan prasekolah dari 5 wilayah DKI Jakarta. Selain itu masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing Pemerintah Daerah provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka Hari Anak Nasional yang ragam kegiatannya tidak dapat disebutkan satu-persatu.

Diharapkan kegiatan HAN tidak hanya untuk tujuan seremonial tetapi difokuskan untuk kepentingan anak dan pemenuhan kebutuhan dasar anak.


Referensi


  1. Konvensi Hak-hak Anak yang disetujui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa pada tanggal 20 Nopember 1989.
  2. UUD 1945 pasal 28B ayat 2.
  3. Undang-undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
  4. Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 10 Februari 2010, Presentasi Persiapan Pelaksanaan Hari Anak Nasional 2010.
  5. Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2010, Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2010.

 
Disadari atau tidak disadari banyak sekali kesalahan-kesalahan dalam pemahaman konsep matematika yang kita pelajari dari semasa kecil hingga sekarang.Tanpa sedikitpun menyalahkan Guru2 kita, kesalahan2 ini parahnya di ajarkan turun temurun sebagai Konsep yang dianggap benar.Terketuk hati dari situ, ane cuma pengen share dan berbagi ilmu buat agan.Dengan harapan Stigma salah ini tidak lagi kita anut.inilah beberapa Kekeliruan Konsep Matematikanya dan penjelasan lebih lanjutnya :

1. Konsep Perkalian
Banyak orang beranggapan bahwa Konsep a x b = b x a, padahal jelas ini sebuah kekeliruan besar.Secara matematis, memang keduanya mempunyai hasil sama. Yang kita garis bawahi agan2, adalah hasil. Ingat hasil!tetapi walaupun hasil akan sama, tetapi secara konseptual berbeda. Begitupun dalam penerapan sehari-harinya, berbeda.inilah yang saya sebut Konsep Matematika.
Sebagai contoh :
Bila dikaitkan dengan resep obat yang sering ditulis oleh dokter biasanya tertulis 3×1 sehari apa bedanya dengan 1×3?Secara perhitungan matematis,hasilnya sama,ingat hasil!tapi secara konsep berbeda!jika 3×1 ini berarti obat harus diminum sebanyak 3 tablet masing-masing 1 kali atau 3×1=1+1+1. Sedangkan 1×3 berarti 3 saja, atau ditulis 1×3=3. Sehingga bila dokter menulis resep obat 1×3 sehari misalnya, maka obat tersebut harus diminum sebanyak 3 tablet sekaligus, dalam sekali minum.(Wah bakal Overdosis dong gan).

2. Konsep bangun datar (luas persegi) :
Persegi adalah bangun datar yang memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
a. Keempat sudutnya merupakan sudut siku – siku. (Ane menyatakan kebenarannya)
b. Keempat sisinya sama panjang. (ane menyatakan konsep ini adalah suatu kesalahan yang sangat fatal)
c. Memiliki 4 simetri lipat dan 4 simetri putar. (Ane menyatakan kebenarannya)
Akibat dari kesalahan konsep diatas :
Pada saat agan diinformasikan oleh pengajar yang sebelumnya pengajar tersebut memberikan pembuktian pada agan bahwa rumus “Luas persegi adalah sisi x sisi”, mulailah saat kesalahan konsep tersebut terjadi.
Dari pernyataan di atas, Ane dapat mempertanggungjawabkan dan ane dapat memberikan penjelasan sebagai berikut :
Setiap bangun datar apapun bentuknya hanya memiliki sebuah sisi yaitu sisi yang berwarna putih saat kita menggambar persegi pada kertas gambar, sedangkan garis yang membentuk persegi tersebut namanya rusuk. Jadi yang benar, rumus Luas persegi = rusuk x rusuk.Jadi harusnya sifat diatas harusnya diganti menjadi keempat rusuknya sama panjang.

3. Perbedaan Angka, Bilangan dan Nomor
Banyak juga yang beranggapan arti dari 3 kata tersebut diatas mempunyai arti yang sama,Jelas ini merupakan kekeliruan.Langsung aja untuk Penjelasannya:
Sebuah angka digunakan untuk melambangkan bilangan, suatu entitas abstrak dalam ilmu matematika.Sedangkan Bilangan adalah susunan dari beberapa Angka yang dapat mejelaskan suatu entitas Abstrak dalam ilmu matematika.sebagai contoh,
A= Himpunan Bilangan Asli
A={1,2,3,4,5 …}
Angka 1 dan Angka 2 termasuk Bilangan Asli.Paham yh gan?
Nah, sedangkan Nomor artinya beda lagi.Kata nomor biasanya menunjuk satu atau lebih angka yang melambangkan sebuah bilangan Asli dalam suatu barisan bilangan-bilangan Asli yg berurutan. Misalnya kata ‘nomor 3′ menunjuk salah satu posisi urutan dalam barisan bilangan-bilangan 1, 2, 3, 4, …, dst. Jadi kata nomor sangat erat terkait dengan pengertian ‘urutan’.Nah, jadi taukan bedanya gan?

4. Perbedaan 0 (nol) dan kosong
Yang ini ane yakin agan pasti paham,jadi jangan sampai kita menyebut 0 dengan kata kosong yh gan.

Sekedar Hiburan :
5. Konsep Panjang, lebar dan tinggi
Agan pasti setuju yh kalau Panjang, lebar dan tinggi berbeda?Namun secara tidak sadar kita biasanya menyalahi Konsep tersebut.
Sebagai contoh : kita kalau mengukur tinggi Tiang bendera.Biasanya kita turunkan dulu benderanya, cabut tiangnya kemudian jatuhkan dan tidurkan dulu ditanah.Kemudian di ukur.Nah,ni dah salah gan?kalau Sejajar dengan tanah bukan Tinggi dong nmanya gan?padahal kita disuruh mengukur tingginya. Setubuh ga gan?
 
 
Picture
Mobil ini digerakkan oleh motor listrik dan bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter. Membuat mobil bergerak di dalam air bukan lagi impian. CEO Rinspeed, Frank Rinderknecht, pada Maret lalu memamerkan prototipe mobil pertama di dunia yang dapat berenang dan menyelam hingga kedalaman 10 meter.

Bertempat di pameran motor Jenewa ini, Rinderknecht menunjukkan dalam sebuah video bagaimana mobil rancangan perusahaannya ini bisa tetap berjalan mulus tanpa masalah. Terlihat mobil menyelam dan kemudian muncul lagi ke permukaan untuk melaju ke jalan bebas. Pengoperasian mobil pun terbilang mudah, karena untuk fungsi menyelam dan tidak ini hanya butuh satu buah tombol.

Mobil buatan Rinspeed dari Swiss ini diklaim adalah yang pertama meski sebelumnya sudah banyak mobil-mobil dengan rancangan sejenis yang juga bisa melaju di air. sQuba, demikian nama mobil tersebut, kelebihannya adalah pada penggunaan teknologi modern dan mobil sudah dapat menyelam berikut dengan penumpangnya di kedalaman.

Pada mobil-mobil sebelumnya yang juga masuk jenis amphibi car, seperti CLIMBER atau ALPHA, Citroen DS yang dibuat tahun 1960, maupun Chrysler Labarron yang dibuat pada era 70-an, masih menjadi mobil baru belum memiliki kelebihan seperti apa yang ditawarkan oleh sQuba. Kelebihan ini yakni, mampu menyelam, hemat bahan bakar, dan lebih ringan karena meski sebagian kerangkanya terbuat dari baja namun sebagian besar komponennya dibuat dari bahan serat karbon.

“Ini menjadikan sQuba paling ringan dan menjadi salah satu mobil yang telah menerapkan teknologi nano,” ujar Rinderknecht.

sQuba juga menjadi mobil pertama penyelam dari golongan sedan. Desain berkerangka pintu terbuka, menggunakan motor listrik, dua propeler dan dua mesin jet pengatur gerakan, sehingga memungkinkan mobil ini bisa menempuh perjalanan jauh. Mobil ini diklaim juga lebih unggul karena didesain tidak menghasilkan emisi baik ketika berjalan di darat maupun di laut. Pasalnya energi mobil ini disuplai dari jenis baterai lithium-ion.

”Kami menggambarkannya dari mimpi film James Bond dengan judul film The Spy Who Loved Me yang dirilis pada 1977.”

Melihat film ini, Rinspeed terkagum-kagum dan kemudian memimpikannya. Tapi diakui, dari desain sangat berbeda. Kendaraan James Bond yang asli bentuknya adalah sedan tertutup dengan sayap di bagian kanan dan kiri, sementara rancangan Rinspeed tidak.

Di sQuba, pengendara kendaraan ini harus ikut menyelam bersama dengan mobil dan ikut merasakan dinginnya air. Untuk pernafasan di kabin kendaraan telah disediakan alat perangkat alat selam dan pengatur oksigen yang dikeluarkan dari kabin secara otomatis. Udara ini selalu dijamin segar dengan catatan tidak terjadi kebocoran.

Konsep sQuba yang mampu menyelam hingga 10 meter ini menjadikannya sebagai calon kendaraan bakal militer. Cukup mengendarainya dengan bebas, siapa pun dapat menggunakan mobil ini baik untuk menyelundup maupun mengintai. Mobil juga ditawarkan unggul karena bisa melakukan manuver bebas. Namun bukan berarti seperti ikan yang bisa melesat. Masih banyak keterbatasan yang menurut tim Rinspeed itu adalah tantangan.

Mobil ini juga dikatakan adalah jelmaan dari mobil balap yang dibuat di fasilitas teknik khusus Esoro di Swiss. Pada tahap pertama yang dilakukan adalah membuang mesin pembakaran dan diganti dengan tiga mesin motor listrik. Tiga mesin ini semuanya diletakkan di belakang. Satu buah untuk pendorong ketika di darat dan dua lainnya dipakai untuk bergerak di air.

Mesin juga didukung oleh dua tenaga Seabob jet yang ada di depan. Ini digunakan untuk bernapas kendaraan dengan cara memanfaatkan putaran saat melalui HS Genion (untuk membuka dan menutup fungsi keluar masuknya air). Jet ini dirancang khusus dengan bahan material karbon nano.

Saat mendarat, sQuba bisa menjadi seperti akuarium. Untuk itu disarankan seusai menyelam, pintu kendaraan dibuka agar air di dalam kendaraan keluar. Rinderknecht mengatakan maksud desain sedan ini terbuka karena jika ada keadaan darurat penumpang tidak perlu repot-repot untuk keluar dari mobil. Tapi ini bukan alasan utama, menurutnya dengan kedalaman yang cukup dalam tersebut beban air akan memiliki tekanan yang hebat dan belum bisa ditahan oleh rangka mobil seperti sedan biasa.

”Jika ingin didesain tahan air sehingga kita bisa bebas di dalam mobil, desain mobil ini tidak lagi futuristik, melainkan bentuknya seperti kura-kura yang memiliki tempurung cukup besar,” jelasnya.

Picture
 
Picture
Setelah dianugerahi gelar kebangsawanan Nyi Mas Ayu Tumenggung, artis seksi Julia Perez (Jupe) semakin tertarik ikut melestarikan budaya warisan bangsa, salah satunya adalah batik. Saat berada di Solo, Rabu (7/6), Jupe menyempatkan diri berkunjung ke sebuah rumah batik. Dalam kesempatan tersebut, Jupe melihat proses pembuatan batik dan belajar menggunakan canting. "Batik adalah warisan budaya bangsa yang patut kita lestarikan," ujarnya.

Ia mengaku takjub dengan berbagai ragam corak batik dengan motif-motif yang khas. "Ternyata sangat indah dan aku baru sadari betul pada saat ini," ungkapnya.

Batik dalam pandangan Jupe tidak hanya semata-mata kain yang dilukis, digambar dan diwarnai. Tapi di dalamnya terdapat banyak filosofi. "Ada simbol ketelatenan di sana. Ada jiwa-jiwa yang halus bermain di sana. Kalau tidak dengan hati tidak mungkin dapat hasil yang sebagus itu," tuturnya.

Menurut Jupe sudah saatnya generasi-generasi muda turut serta atau diajak serta untuk melestarikan budaya bangsa, jangan sampai diakui oleh negara lain. "Kalau bukan kita sendiri siapa lagi," pungkasnya. (kpl/wwn/bun)

 
Picture
Kostum tim FC Barcelona menampilkan rancangan baru, kostum baru ini menonjolkan nilai-nilai tradisi FC Barcelona yang unik dengan grafis tradisionalnya, sambil menerapkan rancangan ringan dan menggunakan kain daur ulang.

Kostum baru ini mencerminkan inovasi desain dan detail terbaik yang dituntut oleh para pemain sepak bola kelas elite. Kombinasi dari sumber bahan yang bisa didaur ulang, rancangan estetik yang baru, dan penghormatan akan sejarah klub FC Barcelona yang kaya telah menetapkan standar untuk pembuatan kostum klub ini.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub ini, kaus barunya dibuat seluruhnya dari poliester daur ulang, di mana tiap kausnya dibuat dari 8 botol air, yang didapatkan dari tempat pembuangan akhir di Jepang dan Taiwan.

Botol-botol ini dibersihkan dan diproses menjadi butiran kecil, dilelehkan menjadi benang dan dianyam menjadi bahan kostum. Proses pembuatan baru ini mampu mengurangi energi sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan pembuatan poliester secara tradisional.

Dengan proses pembuatan yang baru ini, Nike telah mendaur ulang sekitar 13 juta botol plastik, dengan total sekitar 254.000 kg limbah poliester, yang membutuhkan waktu sampai 500 tahun untuk bisa diurai secara alami. Tiap botol yang didaur ulang untuk pembuatan kostum ini jika dijejer panjangnya bisa mencapai 3.000 km atau sepanjang 29 sepak bola.

Kostum baru ini membantu para pemain untuk menjaga suhu tubuh yang optimal serta tetap kering dan sejuk. Dengan demikian, mereka bisa bermain dengan kemampuan penuh. Kain Nike Dri-FIT yang baru 13 persen lebih ringan dari sebelumnya, membantu menguapkan kelembaban, dengan cara menyerap keringat keluar ke permukaan, dan juga meningkatkan kemampuan kaus untuk bernapas sebanyak 7 persen dari versi sebelumnya.

Zona ventilasi yang terdapat pada tiap sisi kaus, di bawah karet celana dan dekat pangkal tulang punggung di celana pendeknya, secara signifikan bisa meningkatkan penyerapan udara sehingga para pemain juga merasa lebih sejuk.

Potongan kaus yang baru dan dinamis dengan struktur anyaman ganda memberikan penampilan yang lebih ramping pada para pemain. Pada saat yang bersamaan, kaus ini 10 persen lebih elastis dari kaus FC Barcelona sebelumnya. Siluet kaus mengikuti lekuk tubuh alami untuk keleluasaan gerak dan penyerapan udara yang maksimal.

Setelah mewakili Catalonia selama lebih dari 100 tahun, FC Barcelona pada musim pertandingan ini akan bermain dengan kostum kandang dan tandang yang baru, dipenuhi dengan lambang dan pesan budaya yang lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk pertama kalinya, kaus kandang FC Barcelona akan memiliki leher bundar dan bis lengan berwarna kuning, ini melambangkan separuh warna dari bendera Catalonia, Senyera. Bendera Senyera telah lama berkibar di Barcelona untuk melambangkan kebanggaan dan kemerdekaan Catalonia. Kaus bagian torso masih menyandang garis merah dan biru yang terkenal, tapi kini ukurannya akan dikembalikan ke ukuran tradisionalnya yang lebih besar.

Di belakang leher juga ditampilkan Senyera besar, sementara dekat hem lengan kiri tertulis semboyan klub, 'Mes Que Un Club', (Lebih dari sekadar klub). Kata-kata ini juga bisa ditemukan di bangku di Nou Camp.

Di bagian dalam kaus, di balik lambang klub, ada grafik yang bertuliskan 'Tots Units Fem Forca', yang jika diterjemahkan berarti 'Bersatu Kita Teguh', sebaris lirik dari lagu kebangsaan Barcelona, "El Cant Del Barca", yang selalu dikumandangkan di tiap pertandingan kandang di Nou Camp.
Celana pendek kandang musim pertandingan ini berwarna merah dengan garis biru besar di tiap sisinya, kembali ke warna kostum yang dikenakan oleh tim yang dikomandoi Johan Cruyff tahun 1970-an dan tim pemenang dari tahun 2006. Kaus kaki kandang berwarna biru dengan garis merah di atasnya dan FCB di sisi tiap betis.

Setia dengan tradisi FC Barcelona yang mengenakan kostum tandang berwarna mencolok, model musim pertandingan ini menggunakan warna hijau mint yang berani. Fiturnya sama dengan kostum kandang, tetapi dengan leher bundar modern dan di dadanya ada garis tebal dengan warna kandang merah dan biru. Garis tebal ini dipecah di tengah dengan garis diagonal yang melambangkan Avinguda Diagonal, salah satu jalan terkenal di Barcelona, yang membelah kota dari barat ke timur.

Celana pendek tandang berwarna hijau mint dengan garis tebal biru di tiap sisinya. Kaus kaki tandang berwarna hijau mint dengan garis biru obsidian di bagian atas dan 'FCB' di tiap betis.

Musim pertandingan ini, klub-klub terkemuka tambahan, termasuk Arsenal, Manchester United, dan Inter Milan, akan mengenakan kostum paling ramah lingkungan dan canggih secara teknologi dalam sejarah persepakbolaan. Kostum baru FC Barcelona akan mulai tersedia bulan Juni di toko-toko Nike di seluruh Indonesia.


 
Picture
Liputan6.com Malang: Puluhan pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (8/7) berunjuk rasa mendatangi Kantor DPRD setempat. Sambil membawa poster, puluhan pelajar menuntut wakil rakyat untuk memenuhi janjinya menyediakan sekolah gratis.

Para siswa sempat masuk ke dalam ruang rapat paripurna dan bertemu sejumlah wakil rakyat. Mereka mengeluhkan sekolah yang kerap mengabaikan peraturan. Terbukti, hingga kini biaya masuk sekolah semakin mahal dan siswa masih diwajibkan membayar sumbangan biaya pembangunan pendidikan (SBPP). Padahal, berbagai pungutan itu hanya boleh dikenakan pada sekolah rintisan bertaraf internasional.(ADO)


 
Picture
Liputan6.com, Jakarta: Sudah dihibur dengan permainan sirkus, bisa belajar bahasa Inggris pula. Inilah jasa yang diberikan Dan Roberts yang mendirikan Sirkus Hidung Merah di kawasan Cilincing, Jakarta Utara. Pria asal Chicago, Amerika Serikat mengajarkan sirkus gratis sekaligus memberikan pelajaran bahasa Inggris kepada sejumlah bocah yang belajar.

Roberts cukup bahagia dengan pilihannya. Ia hanya ingin anak-anak mendapat kepercayaan diri lebih dan meningkatkan semangat belajar lewat sirkus. Satu lagi yang ingin diwujudkan Roberts, yakni mendirikan gedung sirkus agar anak-anak Cilincing menemukan jati diri. "Sebetulnya bukan sekolah sirkus, yayasan kita lebih fokus ke pendidikan," tutur dia di Studio SCTV, Sabtu (3/7).

Sirkus Hidung Merah didirikan sejak 2008 untuk anak-anak kurang mampu di Indonesia. Semasa SMP dan SMA, Roberts banyak menghabiskan waktu di Jakarta dan bersekolah di Jakarta International School (JIS). Semula ia bekerja dengan modal sendiri. Kini ada sejumlah donatur yang memberi berbagai fasilitas, termasuk rumah dua tingkat yang ditempati sekarang.

Saat ini yayasan tempat Sirkus Hidung Merah bernaung mempunyai empat pegawai. Dan ada sekitar 60 anak-anak yang diasuh Roberts. Yayasan ini juga membantu anak-anak yang kurang mampu dengan memberikan biaya sekolah.(AIS)

 
Picture
Wakil Indonesia di Final Piala Dunia 2010. Lolosnya Belanda ke final Piala Dunia 2010, tidak hanya menjadi kegembiraan bagi warga Belanda. Indonesia secara tidak langsung juga merasakan kebanggaan atas lolosnya Tim Oranje ke Final Piala Dunia 2010.

Apa penyebab hal itu? Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika timnas Belanda beberapa kali diisi oleh pemain berdarah Indonesia (Ambon). Mulai dari Simon Tahamata, mantan pemain timnas Belanda dengan 22 caps yang kelahiran Maluku, sampai Giovanni van Bronckhorst di Piala Dunia 2010. Apalagi mereka adalah pilar-pilar utama di Tim Oranje, lihat saja kapten Belanda di Piala Dunia 2010, Giovanni van Bronckhorst.

"Aku lahir di Rotterdam. Namaku terkadang bikin orang bingung, tapi tak ada darah Italia dalam keluargaku. Ayahku dari Indonesia sementara ibuku orang Maluku," tulis van Bronckhorst dalam situs resminya.

Selain van Bronckhorst, masih ada lagi pemain keturunan Indonesia di timnas Belanda saat ini, seperti John Heitinga, Robin Van Persie, Demy De Zeeuw dan Nigel de Jong. Van Persie yang jadi andalan lini depan Belanda di Afsel dan punya 49 caps untuk timnas, konon memiliki darah Indonesia dari sang nenek, sementara De Jong disebut-sebut keturunan Belanda, Maluku dan Suriname.

Hal ini diyakini pula oleh masyarakat Maluku. Tak ayal mereka gembira benar dengan kesuksesan Belanda, yang diperkuat beberapa pemain dengan "kedekatan" khusus, lolos ke final Piala Dunia 2010.

 
Picture
Kostum tim Arsenal FC yang menampilkan pendekatan rancangan baru untuk meningkatkan performa, tetapi pada saat yang bersamaan, mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Kostum baru ini menonjolkan nilai-nilai tradisi Arsenal FC yang unik dengan grafis tradisionalnya, seraya menerapkan rancangan ringan dan menggunakan kain daur ulang.

Kostum baru ini mencerminkan inovasi desain dan detail terbaik yang dituntut oleh para pemain sepak bola kelas elite. Kombinasi dari sumber bahan yang bisa didaur ulang, rancangan estetik yang baru, dan penghormatan akan sejarah klub Arsenal yang kaya telah menetapkan standar untuk pembuatan kostum klub ini.

Untuk pertama kali dalam sejarah klub ini, kaus baru dibuat seluruhnya dari poliester daur ulang, di mana setiap kaus dibuat dari 8 botol air, yang didapatkan dari tempat pembuangan akhir di Jepang dan Taiwan.

Botol-botol ini dibersihkan dan diproses menjadi butiran kecil, dilelehkan menjadi benang dan dianyam menjadi bahan kostum. Proses pembuatan baru ini mampu mengurangi penggunaan energi sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan pembuatan poliester secara tradisional.

Dengan proses pembuatan yang baru ini, telah didaur ulang sekitar 13 juta botol plastik, dengan total sekitar 254.000 kg limbah poliester, yang mungkin membutuhkan waktu sampai 500 tahun jika diurai secara alami. Tiap botol yang didaur ulang untuk pembuatan kostum ini jika dijejer panjangnya bisa mencapai 3.000 km atau sepanjang 29 sepak bola.

Kostum baru ini membantu para pemain untuk menjaga suhu tubuh yang optimal serta tetap kering dan sejuk. Dengan demikian, mereka bisa bermain dengan kemampuan penuh. Kain Nike Dri-FIT yang baru 13 persen lebih ringan dari sebelumnya, membantu menguapkan kelembaban, dengan cara menyerap keringat keluar ke permukaan, dan juga meningkatkan kemampuan kaus untuk bernapas sebanyak 7 persen dari versi sebelumnya.

Zona ventilasi yang terdapat pada tiap sisi kaus, di bawah karet celana dan dekat pangkal tulang punggung di celana pendeknya, secara signifikan bisa meningkatkan penyerapan udara sehingga para pemain juga merasa lebih sejuk.

Potongan kaus yang baru dan dinamis dengan struktur anyaman ganda memberikan penampilan yang lebih ramping pada pemain. Pada saat yang bersamaan, kaus ini 10 persen lebih elastis dari kaus Arsenal sebelumnya. Siluet kaus mengikuti lekuk tubuh alami untuk keleluasaan gerak dan penyerapan udara yang maksimal.

Pendekatan tradisional yang berkelas telah menjadi ciri khas Arsenal di lapangan dan di luar lapangan. Pada musim pertandingan ini, untuk mencerminkan gaya mereka yang khas, Arsenal akan berlaga dengan mengenakan kaus tandang dan kandang yang akan menampilkan ketelitian detail yang biasa diterapkan pada jahitan kemeja Savile Row di London.

Semua kaus akan memiliki jahitan di punggung atas, tepian tebal di lengan dan garis jaring lebar yang membujur di seluruh kaus. Kaus kandang yang baru adalah interpretasi modern akan kaus Arsenal klasik, yang memadukan torso berwarna merah dengan lengan putih, dan leher bundar berwarna putih. Di bagian belakang kaus, di bawah leher, tertulis 'Arsenal' dengan font klub yang unik, sama dengan tulisan dari beton yang besar, yang terdapat di pintu masuk Stadion Emirates.

Di bagian dalam kaus, di balik lambang klub terdapat tulisan 'Victoria Concordia Crescit' yang merupakan semboyan Latin Arsenal, yang jika diterjemahkan berarti 'Kejayaan Melalui Keselarasan'.

Kaus tandang yang baru juga memiliki ketelitian yang sama dengan kaus kandang, tapi berwarna kuning, untuk mengenang kejayaan memenangi gelar juara di Anfield tahun 1989. Leher berbentuk V, lengan dan garis di kaus kuning ini semua berwarna merah currant, warna kaus Arsenal pada tahun pertama dan terakhir, setelah 93 tahun, mereka bermain di stadion lama, markas spiritual mereka, di Highbury.

Celana pendek kandang berwarna putih dengan garis tipis di tiap sisinya, sementara di belakang karet celana ada tulisan 'Arsenal'. Kaus kaki kandang berwarna putih dengan kata 'Arsenal' tercetak di tiap betis.

Celana pendek tandang juga berwarna merah currant dengan garis tipis berwarna kuning di tiap sisi, sementara di belakang karet celana ada tulisan 'Arsenal'. Kaus kaki tandang berwarna kuning dengan 3 garis tipis berwarna kuning. Bagian atasnya berwarna merah currant dan terdapat satu garis kuning. Tulisan 'Arsenal' tercetak di tiap betis.

Pada musim pertandingan ini, klub-klub terkemuka tambahan, termasuk Manchester United, FC Barcelona, dan Inter Milan, akan mengenakan kostum paling ramah lingkungan dan canggih secara teknologi dalam sejarah persepakbolaan.


panca kirana