panca kirana
 
Pada awal tahun 1908 BP selalu menulis cerita pengalamannya sebagai bungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpuilan tulisan itu kemudian terbit sebagai buku “scouting for boys”. Buku ini cepat tersebar keseluruh negeri Inggris, bahkan ke Negara-negara lainnya, dan berdirilah dimana-mana organisasai kepramukaan (yang semula hanya untuk anak laki-laki berusia penggalang) yang disebut Boy Scout. Kemudian disusul berdirinya organisasi Kepramukaan puteri yang diberi nama Girl Guides atas bantuan Agnes, adik perempuan BP, dan kemudian diteruskan oleh Ny. Baden Powell.

Pada tahun 1916 berdiri kelompok Pramuka usia siaga, yang disebut CUB(anak srigala). Dengan buku The Jungle Book, berisis cerita tentang MOWGLI anak didikan rimba (anak yang dididik oleh srigala di hutan) karangan Rudyard Kiling sebagai cerita pembungkus kegiatan CUB tersebut.

Tahun 1918 BP membentuk ROVER SCOUT (pramuka usia penegak) untuk menampung mereka yang sudah berusia lebih dari 17 tahun, tetapi masih senang untuk mengikuti kegiatan pramuka. Pada tahun 1922 BP menerbitkan buku ROVERING TO SUCCESS (Mengembara menuju bahagia) yang berisi petunjuk bagi para pramuka Penegak dalam menghadapi hidupnya, agar mencapai kebahagiaan. Buku itu menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya sendiri menuju ke pantai bahagia yang mana dihadapannya terdapat karang-karang yang berbahaya, yaitu :

a.       Karang Perjudian
b.       Karang Wanita
c.        Karang Minuman Keras dan Merokok
d.       Karang Mementingkan diri sendiri dan mengorbankan orang lain
e.        Karang tidak berTuhan

Pada tahun 1920 diselenggarakan jambore sedunia, di area Olympia, London. BP telah mengundang Pramuak dari 27 Negara, dan pada saat itu BP diangkat menjadi Bapak Pandu Sedunia. Dan pada tahun 1914 BP mulai menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka. Rencana ini baru dapat dilaksanakan mulai tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Mac Leren, BP mendapatkan sebidang tanah di Chigford, yang digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka. Tempat ini terkenal dengan nama GILLWEL PARK.
 


Comments

Thu, 15 Sep 2011 06:18:37

saya ingin bertemu dengan smash terutama bisma dan reza

 



Leave a Reply


panca kirana