panca kirana
 
  Jika kita baca buku “B-P’s Out Look”, didalamnya kita akan menemukan kata-kata atau pendapat dari sang pendiri Pramuka(Pandu), Lord Baden Powell, yang berbunyi sebagai berikut :

“SCOUTING is not a science to be solemnly studied, NOR is it collection of doctrine and texts. No ! it is a jolly game in the out of doors, where boy-man and boy can go adventuring together as leader an younger brothers picking up health and happiness, handicraft and helpfulness”.

Yang artinya :
Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula merupakan suatu kumpulan suatu ajaran dan naskah-naskah buku. Bukan ! kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alamm pengembaraan seperti kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan, dan kesediaan memberi pertolongan.

Tapi jika kita pelajari lebih lanjut dan secara mendalam tentang kepramukaan itu akhirnya kita dapat mengadakan bahwa pada hakekatnya KEPRAMUKAAN adalah :

ü  Suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangnkan bagi anak dan pemuda dibawah tanggung jawab orang dewasa.

ü  Yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan diluar lingkungan pendidikan keluarga.

ü  Denga menggunakan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan.

Kepramukaan sebagai proses pendidikan harus merupakan kegiatan yang dapat dipertanggung jawabkan dan dapat bernilai pendidikan sehingga kegiatannya harus terencana dan terprogram dengan baik dan dapat dinilai dari segi pendidikan dan kejiwaan.
 


Comments




Leave a Reply


panca kirana